Farm Gold Cap 93

Sekarang saya akan membagikan Tips & Trick Farm Gold pada Dragon Nest Level Cap 93 ini, banyak yang mengeluhkan sulitnya mencari gold sebagai mata uang InGame dalam Dragon Nest. Berbagai macam alasan banyak bermunculan, mulai dari :

  • "Barang dagangan yang kemaren (Cap sebelumnya) udah gak laku lagi... T^T"
  • "Harga di TH Sekarang Ancur bro"
  • "Hasil kerja dari SPAMMING "Distorted Zone" Masih dibawah UMR DN Indo, kang..."
  • "Mo gimana lagi mas, kita gak punya barang dagangan. Dagang barang ini kemurahan, Dagang barang itu kesusahan. Masa iya sih harus jual ginjal dan keperjakaan ?"
  • "Ekonomi kita masih belum siap ! Banyak terjadi inflasi disana-sini !! Persaingan harga TH yang cukup ketat membuat rakyat kecil terintimidasi !!!"

Dan masih banyak lagi alasan alasan lain yang bahkan tidak kalah anehnya. Tapi dari sekian banyak alasan tersebut, ada beberapa orang yang tidak mau mensyukuri apa yang sudah dia dapat, sebagaimana percakapan berikut:

  • Q: "Mas, akhir akhir ini cari gold susah amet yak"
  • A: "Iya mas, seret banget semenjak Cap 90. Udah kerja (Farming gold) sampe megap-megap masih aja miskin"
  • Q : "Haha, iya mas. Bayangin aja seminggu aku cuman bisa dapet sekitaran 1k aja -_-. Mas dapet berapa seminggu?"
  • A: "Dikit mas, cuman 20 ribu perminggu T_T"
  • Q: "!@#!@$!%!@$$#%^%&^&. Set Off yuk dah mas..."

Nah kalau ketemu yang kayak gini ini ajakin set off aja -_-. Nih orang punya batas sifat antara "Tidak Cepat Puas" sama "Tidak Bersyukur" yang TIPISSS Amet lah...

Back to the Topic. Dengan pertimbangan alasan-alasan tersebut dan berbekal sedikit pengalamanku, aku akan memberikan beberapa cara yang dapat menghasilkan gold di Dragon Nest. Aku juga akan menyertai perkiraan pendapatannya (Jika aku mengetahui :D). Cara ini akan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu "Bagian PvE", "Bagian PvE" dan "Special Section". Mari kita bahas langsung bagian pertama.

  • Spamming Dungeon, khususnya di Dungeon "Distorted Zone" Atau di "Red Wasteland"
    Keterangan:

    Gold bersih sekitar 3-15 Gold. Dengan Durasi sekitar 3-6 menit per dungeonnya (Menggunakan Equipment rata-rata pemain Dragon Nest level 93). Kau juga bisa mendapatkan Item "Garnet Piece" yang harganya sekitar 3-5 Gold di Trading House. Setidaknya, Kau bisa mendapatkan 1 buah dalam 2x Dungeon Run.
    Kau juga bisa mendapatkan item lain seperti "Ultra Altheum/Diamond" yang mempunyai harga sekitar 1-2 Gold di Trading House. Dan bahkan ada item "Abyss Earrings" yang berharga hingga 7000 - 9000 gold di TH. Tapi item tersebut sangatlah langka dan sulit didapatkan.

    Pendapatan:
    Asumsikan kita melakukan 70x run Dungeon dalam 1 Minggu (10x run per hari) dengan total pendapatan terendah yaitu 3 Gold per 1x run, Maka totalnya adalah :
    ~ 70x3 = 210 gold per minggu. (Gold Bersih)
    ~ (Penjualan item Garnet Piece) 70:2 = 35 >>> 35x4 = 140 gold per hari . Dikurangi 1%' Pajak' Trading House, berarti :        
    ~ (1%x140) = 140-14 = 136 Gold Per hari. (136x7)+210 = 1162 gold per minggunya
  • Untuk item yang lainnya, aku sengaja tidak menghitungnya supaya kalian bisa menghitung sendiri. Jangan lupa masih ada kemungkinan kalian mendapatkan item seperti "Abyss Earrings" yang sangat mahal.

  • Menyelesaikan Hero's Battlefield
    Keterangan:

    Gold bersih sekitar 1 Gold untuk yang normal. Dan 2 Gold untuk mode Hardcore. Di Tempat ini kau bisa mendapatkan item "Fragment of Brilliant Skills" yang apabila dijual di Trading House, Harganya sekitar 1,5-3 gold per buah. Di Tempat ini kita butuh "Entrance Ticket" berupa "Key of Dimensional box" 1 buah per 1x masuk. Kau juga bisa mendapatkan Item "Dream Crystal Stone" yang harganya sekitar 1-2 gold di Trading House. Selain itu kalian juga kalian juga bisa mendapatkan hadiah tambahan dengan cara beradu cepat dengan player lainnya dengan job yang sama. Untuk mengetahui info tentang Reward tambahan tersebut dan seberapa cepat kau dibanding player lainnya, kau bisa mengunjungi Ranking Board yang terletak di dekat Garden of Time and Space.

    Pendapatan:
    Asumsikan kita menyelesaikan Hero's Battlefield mode Normal 5x dan mode Hardcore 2x per minggu.
    Gold bersih : (1x5) + (2x2) =5+4= 9 Gold Per minggu
    total "Fragment of Brilliant Skills" yang didapatkan :
    ~ Mode Normal    : Sekitar 5-10 buah per 1x run
    ~ Mode Hardcore: Sekitar 8-10 buah per 1x run
    total "Dream Crystal Stone" yang didapatkan : Sekitar 8-10 buah per 1x run
    Total Pendapatan : (Asumsikan kita mendapat reward terendah)
    ~ Gold bersih : (1x5) + (2x2) =5+4= 9 Gold Per minggu
    ~ Total Penjualan "Fragment of Brilliant Skills" : 5x7x1,5 = 52,5 gold per minggu
    ~ Total Penjualan "Dream Crystal Stone"           : 8x2x1    = 16 gold per minggu
    ~ 9 + 52,5 + 16 = 77,5 Gold per minggu

    Tips Spesial:
    Aku akan memberi sedikit tips untuk memperbanyak jumlah reward dan pendapatan kalian lewat cara ini.
    1. Perbanyaklah Jumlah Karakter kalian, tidak masalah baik itu 1 ID maupun berbeda ID. Tapi diutamakan yang 1 ID. Lalu lakukanlah cara ini berulang-ulang pada setiap karakter kalian tersebut. Seperti kata pepatah, "Banyak anak Chara, banyak rezeki"
    2. Jadilah peringkat 10 besar dalam Ranking Board, ini akan memberi kalian Reward tambahan yang artinya Pendapatan bertambah.
    3. Gunakanlah Rich Talisman dan Total skill "Bonus Gold 5%" (Jika Kalian Punya)
  • Menyelesaikan "Dark Banquet"
    Keterangan:

    "Dark Banquet"  termasuk Mode baru pada waktu Dragon Nest Cap level 90. Disini kau bisa mendapatkan Item spesial bernama "Stone of Darkness"  atau yang biasa disingkat SOD. Item ini memberi buff yang berguna untuk Dungeon, Nest dan Stage PvE Lainnya. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan beberapa Talisman Spesial Berdurasi antara 7-30 hari, dan Talisman Biasa yang bisa di disassemble. Dengan Total Gold Bersih sekitar 6 Gold per 1x run, "Dark Banquet" Ini hanya bisa dimasuki 1x, dan tergolong lebih sulit dibanding Stage Lain pada umumnya. Jika kau gagal, maka artinya kau harus menunggu Sabtu Depan untuk masuk kembali ke stage ini.
  •  
  • Menyelesaikan Daily Quest
    Keterangan:

    Dengan Total Gold Bersih sekitar 25 Gold selama 5x run Dungeon, dan jika kau menyelesaikan Quest ini, Maka kalian akan mendapatkan Hadiah Tambahan berupa "Goddess Lament" yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam item di NPC Dark Priestess. Dengan durasi sekitar 3-6 menit (menggunakan equipment rata rata pemain Dragon Nest Level 93), Daily Quest bisa diambil hanya 1x perhari seperti namanya. Jangan lupa bahwa ada kesempatan mendapatkan "Garnet Piece" dan "Abyss Earrings" seperti pada cara yang pertama.
  •  
  • Menjadi Penjasa GB Nest
    Keterangan:

    Ini adalah cara farming terbaru Di Dragon Nest Indo. Cara ini muncul pada saat pertengahan Cap 80. Menjadi Penjasa GB Nest disini maksudnya adalah Kalian harus membantu beberapa orang untuk menyelesaikan suatu nest, dan Reward-nya didapat oleh orang yang kalian bantu tersebut. Tetapi sebagai gantinya, kalian mendapatkan upah sejumlah gold yang saat ini berkisar antara 200-500 Gold per orang. Tentu saja, yang dimaksud "Membantu" Disini adalah menyelesaikan Nest sendirian sedangkan orang yang membayar hanya perlu menunggu dalam keadaan "Ghost Mode"  di dalam stage. Kau juga harus mempunyai Equipment yang amat sangat mumpuni supaya pengguna jasa menjadi tertarik dan kalian bisa dengan mudah menyelesaikan Nest yang menjadi jasa kalian.
  •  
  • Menjual Equipment Epic dengan Enhancement +10 dan Dragon Jade dengan Enhancement +10 atau lebih
    Keterangan:

    Equipment dengan enhancement +10 atau yang disebut dengan EQ +10 adalah EQ rata rata yang dibutuhkan di Stage Dragon Nest Cap 93. Tentu tidak mudah meng-enhance Equipment apalagi hingga +10 karena masing masing mempunyai "Success Rate" yang berbeda-beda tiap naik 1 level Enhancement. Selain itu dibutuhkan pula sejumlah gold dan beberapa material untuk meng-upgrade Equipment ini. Untuk daftar " Enhancement Success Rate"  kalian bisa melihatnya di : http://dragonnest.gamepedia.com/Enhancement.
    Untuk Daftar Biaya/Price tiap tiap Equipment Enhancement, maaf aku tidak bisa menyediakan karena belum pernah meng-enhance hingga +10, aku lebih suka membelinya daripada meng-enhance sendiri.
    Khusus untuk Dragon Jade/Dragon Jewel, Dragon Nest telah memberikan kemudahan berupa 100% Enhancement Success Rate apabila kita menggunakan Item Protection Magic Jelly.

    Sedangkan untuk Enhancement Success Rate tanpa menggunakan item Protection Magic Jelly adalah sebagai berikut:
    ~ Untuk Level Enhancement 0 - Enhancement +6, Success Rate-nya adalah 100%. Pada Saat ini kalian belum bisa menggunakan Item Protection Magic Jelly karena memang Success Rate-nya sudah 100%
    ~ Untuk Level Enhancement +7 - Enhancement +10, Success Rate-nya adalah 70% dan Break Rate (kemungkinan untuk hancur) nya adalah 0%. Pada saat ini dan seterusnya, kalian sudah bisa menggunakan item Protection Magic Jelly untuk membuat Enhancement Success Rate-nya menjadi 100%
    ~ Untuk Level Enhancement +11 dan seterusnya, Success Rate-nya tetap 70% dan Break Rate-nya  Aku tidak tau. Ada yang bilang gak bisa hancur dan ada yang bilang bisa hancur. Yang pasti berbeda adalah jumlah Jelly, material dan Biaya yang diperlukan
  •  
  • Menjual Mercenary Unique Hasil Synthesize
    Keterangan:

    Mercenary Unique hanya bisa didapat dari Gacha atau Mercenary Snthesize. Untuk Melakukan Mercenary Synthesize kau membutuhkan 2 Mercenary Grade Epic masing-masing LEVEL 20. Lalu belilah item "Mercenary Synthesizer" di NPC Magician Sanders. Mercenary Unique ini harganya berkisar antara 600-800 Gold. Harga ini khusus untuk :
    ~ Mercenary Enraged Jasmine
    ~ Mercenary Enraged Typhoon Kim
    ~ Mercenary Enraged Orc Kim
    ~ Mercenary Velskud
    Sedangkan ada Mercenary Unique lain yang harganya bisa sampai 5000-7000 Gold. Mercenary itu adalah:
    ~ Mercenary Iona
    ~ Mercenary Argenta
    ~ Mercenary Gerraint
    ~ Mercenary Karahan
    Mengapa Mercenary tersebut bisa mahal? karena mercenary tersebut bisa ditukar dengan Costume Grade Rare di NPC Merchant Paniah di Saint's Haven. Cara leveling Mercenary ini adalah dengan membawanya ikut serta dalam dungeon dan Nest (Maximal 2 orang yang berada dalam party, lebih dari itu mercenary tidak akan muncul).  Kau bisa menggabungkan cara ini dengan cara yang pertama untuk hasil pendapatan yang lebih besar. Jumlah ExP yang didapatkan oleh Mercenary sama dengan ExP yang kau dapatkan. Karena itu, gunakanlah item item ExP Boosting seperti Costume Guild, Max Level Bonus, Total skill dan lain lain karena itu akan menambah jumlah ExP yang didapat oleh Mercenary.

  • Menjadi Penjasa GB Feat 999 Combo
    Keterangan:

    Feat termasuk Konten baru Dragon Nest ketika Cap 70-cap 80. Feat berisikan berbagai macam misi yang sulit dengan reward yang menjanjikan. Untuk Feat 999 Combo ini Reward nya adalah Medal sebanyak 1000 buah. Untuk dapat melakukan feat ini, kau harus melakukan 999x hit/combo di Colosseum mode Combo Practice Range. Harga dari Jasa Feat ini berkisar antara 20-40 Gold per orang nya.
  •  
  • Menggunakan Ladder Point untuk mencari gold
    Keterangan:

    Ladder Point adalah point/score yang diberikan saat kau memainkan PvP Mode Ladder. Kau bisa menukarkan Ladder point yang kau dapatkan di "Colosseum Shopkeeper Levan" di Saint's Heaven. Lalu pilihlah item yang sekiranya dapat dijual di TH, seperti "Senior Essence of Life" yang harganya sudah kusebutkan di bagian atas.
  •  
  • Taruhan PvP
    Keterangan:

    Cara ini tergolong baru (Atau aku yang terlambat menyadari) dan mulai ada waktu cap level 90. Cara ini menggunakan Kemampuan bertarung individu dengan mode Wipeout/Round tergantung kesepakatan. Cara ini biasanya menggunakan Aturan Set ON, tapi ada juga yang menggunakan aturan Set Off. Selain itu, Cara ini juga mempunyai aturan SB/Free tergantung kesepakatan ke-2 pihak. Hasil pendapatannya pun tergantung pada kesepakatan, kemampuan Bertarung dan Keberuntungan untuk mendapatkan lawan. DIMOHON UNTUK TIDAK MENGGUNAKAN CARA INI KARENA RAWAN PENIPUAN.
  •  
  • Menjadi Samsak tinju Chara lain
    Keterangan:

    Cara ini tergolong rumit untuk dijelaskan. Cara ini biasanya dilakukan jika seseorang membutuhkan tambahan ExP Colosseum dengan cara cepat atau biasanya disebut GB Colo. Aku kurang tau maksud dari Cara ini, tapi pendapatannya tergolong besar. Katanya dalam 1 jam, pendapatan yang dihasilkan bisa mencapai 4000 gold !!!. Ada yang berkenan Menjelaskan di kolom komentar ??

  • Menjual ROB (Rock of Blessing) 
    Keterangan:

    "Rock of Blessing" atau biasa disingkat ROB adalah Item yang membuat kalian bisa memberikan buff yang amat sangat berguna di Dungeon, Nest maupun Stage PvE Lainnya. Karena stat yang diberikan sangat berguna, ROB menjadi ladang gold bagi para player yang beruntung mendapatkan item ini. Aku tidak bisa menjelaskan bagaimana caranya mendapatkan ROB ini karena aku juga belum pernah mendapatkannya dari sejak aku bermian Dragon Nest 3 tahun lalu. Tapi Jika kau menjadi Champion PvP di Server tempat kau bermain, maka kau akan mempunyai ROB yang dapat dibeli di NPC Elite Shopkeeper Riennes di Colosseum seharga 252 medal.
    Harga 1x Blessing adalah 30-40 G, bayangkan jika ada 100 orang saja dalam 1 hari yang membeli, maka kalian sudah bisa mendapatkan sekitar 3000 gold per hari.
  •  
  • Menjual Hasil Farming Tanaman
    Keterangan:

    Farming yang dimaksud disini adalah bercocok tanam yang dilakukan di Monastery Private Farm. Untuk Melakukannya, kau harus belajar skill Menanam terlebih dahulu di NPC Farm Manager Morie, dan membeli peralatan untuk bercocok tanam seperti Sickle, Seed, dan Sprinkling Can. Tetapi sejak cap 90, cara ini semakin menurun pendapatannya dikarenakan item tersebut tak lagi dibutuhkan. Saat ini, hasil Tanaman yang paling laris adalah Essence of Life seed dan Ressurection Apple. Item tersebut berturut-turut dibutuhkan untuk enhance material dan satunya lagi untuk bahan baku Pembuatan Revival Apple Juice yang digunakan untuk Hidup Kembali di Red Dragon Nest. Harga dari Ressurection Apple saat ini adalah sekitar 50-80 Gold. dan harga dari Revival Apple Juice adalah sekitar 200-400 Gold. Sebelum kau melakukan cara ini, ada baiknya kalau kau sedikit melakukan penghitungan matematis untuk mengetahui keuntungan yang akan kau dapat.

    Pendapatan :
    Kita akan menghitung pendapatan bersih dari cara ini. Pertama kita tentukan dulu modalnya:

    MODAL:
    ~ 1x "Ressurection Apple Seed" = 2 Gold 50 silver (2,5 Gold) atau
    ~ 1x "Golden Apple Seed"             = 1 Gold 50 silver (1,5 Gold)
    ~ 1x "Sprinkling can Ukuran Sedang-Besar"    = 10 silver (Untuk Golden Apple)
    ~ 10x "Sprinkling can Ukuran Sedang-Besar" = 1 Gold     (Untuk Resurection Apple)
    ~ 1x "Sickle (Palu Arit)" = 10 silver

    Kemudian, kita akan menghitung hasil pendapatan dari penjualan item tersebut di TH

    PENJUALAN:
    ~ 1x Golden Apple = sekitar 20-30 gold. Ingat, Pajak TH 1% = 19,8 - 29,7 Gold
    ~ 1x Ressurection Apple = sekitar 50-80 Gold. Pajak TH 1% = 49,5 - 79,2 Gold
    ~ 1x Revival Apple Juice = Sekitar 200-300 Gold. Pajak TH 1% = 198-297 Gold

    Lalu, kita akan membaginya dengan Waktu Panen masing masing tanaman :

    PANEN:
    ~ 1x Golden Apple Setiap hari, = 19,8 - 29,7 Gold per hari
    ~ 1x Resurection Apple setiap 5 hari = 49,5 - 79,2 gold per 5 hari= 9,9 - 15,84 Gold/Hari
    ~ 1x Revival Apple Juice Setiap 5 hari = 198 - 396 gold per 5 hari =39,6 -79,2 Gold/Hari

    Terakhir, Kita akan mengurangi Pendapatan tersebut dengan Modal yang sudah ditulis

    "Penjualan Bersih - Modal = Pendapatan Bersih"
    ~ 1x Golden Apple Setiap hari = 19,8-29,7 Gold/Hari - 1,6 Gold Per hari = 18,2 - 28,1 Gold/Hari
    ~ 1x Resurection Apple/5 Hari  = 49,5-79,2 Gold/Hari - 3,5 Gold Per hari = 46 - 75,7 Gold/Hari
    ~ 1x Revival Apple Juice/5 hari= 198-396 Gold/Hari - 4x(Ressurection Apple)
    = 198-396 Gold/Hari - 4x(50-80 Gold)
    = 198-396 Gold/Hari - (200-320 Gold)
    = -2Gold - 76 Gold (Tanda '-' [Negatif] menunjukkan itu kerugian)
  • Dengan membuat 1x Revival Apple Juice kita bisa merugi sekitar 2 Gold, atau justru mendapat untung sekitar 76 Gold. ~ Artinya, dengan mengorbankan 4x Ressurection Apple-mu, maka kau bisa mendapat kerugian 2 Gold, atau justru mendapat keuntungan 76 Gold. Tergantung pada Harga yang kau berikan di Trading House.   
  • Menjadi Penjasa GB Feat "LUXURY GORGEOUS FANTASTIC" (Semua Equipment +12 diatas level 40)
    Keterangan:

    Feat ini mengharuskan kalian untuk menggunakan Equipment level 40 dengan enhancement level +12 atau lebih. Feat ini mempunyai Reward "Seal Stamp" sebanyak 100 buah dan title "Shining Light". Harga Jasa ini adalah sekitar 300-500 Gold, namun harus disertai dengan jaminan berupa gold sebesar 4000-5000 Gold. Cara kerja dari Feat ini adalah, si Penjasa meminjamkan Equipment +12 keatas untuk level 40 kepada si Pembeli. Si Pembeli Menyerahkan Gold dan Jaminan Gold yang telah disepakati. Kemudian ketika selesai Si Pembeli Mengembalikan Equipment Feat tersebut dan Si Penjual juga mengembalikan gold si pembeli. Namun Jasa ini Rawan sekali dengan kasus penipuan dan Popularitasnya juga semakin menurun karena item "Seal Stamp" sudah bisa didapatkan secara gratis di Dungeon dengan nama "Purificated seal Mark"
  •  
  • Menjadi Penjasa Like
    Keterangan:

    Fitur Like ini termasuk fitur baru di Dragon Nest sekitar cap80 - cap90. Cara melakukan Like sangat mudah, hanya tinggal menekan karakter yang akan diinginkan lalu pilih opsi Like. Jasa ini memanfaatkan hal tersebut untuk mencari gold, dengan harga 1x Likenya sekitar 2-3 Gold. Jasa ini tidak menyediakan Pembelian jasa secara eceran dan hanya melayani pembelian 200-500 Like secara langsung.
  •  
  • Menjual Barang Hasil Cash
    Keterangan:

    Cara ini cukup simpel. Dengan bermodalkan G-cash, kau hanya perlu membeli beberapa item yang dapat dijual di Trading House, contohnya adalah Blue Bird, Yellow Bird, Skill Up Heraldry, Item Protection Magic Jelly, Seal Stamp, dan Contract of Oblivion. Kau membutuhkan Sedikit perhitungan matematis untuk mengkalkulasi Keuntungan yang akan kau dapatkan. Biasanya harga jual dari Item item ini tidak berbeda jauh saat dijual di Trading House. Contohnya item Skill Up Heraldry yang berharga 1700 G-cash. Item tersebut jika dijual di Trading House harganya sekitar 1000-2500 Gold.
  •  
  • Mercenary Explore Dungeon
    Keterangan:

    Mercenary Explore Dungeon termasuk fitur baru Dragon Nest saat Cap Level 80. Mode ini cukup simple. Cukup dengan mengirimkan 3 Mercenary mu kedalam suatu misi, lalu tinggal tunggu misi tersebut selesai dan Kalian akan menerima reward. Reward yang diberikan sangatlah beragam tergantung dari Tingkat kesulitan dan lama waktu penyelesaian dungeon, daftar rewardnya bisa dilihat pada window quest tersebut. Untuk mengakses Mercenary Explore Dungeon Kau hanya harus menekan huruf 'N' lalu pilih "Mercenary Expedition" , kemudian pilih misi dan pilih mercenary yang dikehendaki. Mercenary yang dipilih haruslah berjumlah 3, dan terdapat Success Rate dari setiap 1x Dungeon. Success Rate tergantung dari Level dan rarity dari Mercenary yang kau kirimkan.
Farm Gold Cap 93 Farm Gold Cap 93 Reviewed by blogert on 09.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.